Inilah Fakta tentang Sumur Bor Manual

Jika anda pernah membuat sumur bor di muslim kemarau?. Musim kemarau adalah saat yang tepat untuk menggali sumur. Alasannya adalah kita akan mendapatkan hasil terbaik yaitu kedalaman maksimum sumur karena penggalian akan mencapai titik sumber air yang cukup untuk kebutuhan air bersih ketika musim kemarau tiba.

Cara atau metode yang akan digunakan dalam proses menggali sumur ada yang digali secara manual bisa baca di sini artikel tentang Proses Pembuatan Sumur Dug atau menggunakan alat bor manual dan mesin.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita dan informasi saya tentang fakta pembuatan Manure Wells yang saya dapatkan dari para pekerja langsung ketika bekerja di rumah tetangga sebelah.

Sumur bor manual adalah proses pembuatan sumur menggunakan pipa berbentuk bor yang diputar oleh tenaga manusia, biasanya satu tim ada 3 orang atau lebih. Alat-alat yang digunakan cukup sederhana, antara lain:

Bor pipa dengan diameter 3 inci atau 4 inci panjangnya sekitar 2 m dari ujung pipa berukuran kecil sekitar 1 inci sebagai sambungan pipa.
Ukuran pipa bergaris 1 inci panjangnya 6 m digunakan sebagai koneksi bor yang disesuaikan dengan kedalaman sumur.

Crosslink crossroads digunakan sebagai pegangan untuk memutar pipa yang terhubung ke mata bor dan biasanya di atas diberi beban karung berisi tanah dengan berat sekitar 20 Kg.
Kunci Monyet hampir seperti kunci ingris yang digunakan untuk memegang pipa pada saat koneksi.
Biaya atau tarif yang dipatok untuk satu sumur dengan kedalaman kisaran 24 meter adalah 5 juta hingga 6 juta tergantung pada negosiasi dengan kontraktor. Namun biasanya dalam perjanjian kesepakatan kedalaman tidak menjadi patokan untuk sumber air yang baik merupakan indikasi keberhasilan pengeboran ketika sudah melalui uji hisap menggunakan pompa air minimal 4 jam tidak putus.

Mahal atau tidaknya pengeboran juga dipengaruhi oleh seberapa besar diameter Pipa Casing yang akan ditanam dan seberapa dalam, semakin besar dan lebih dalam maka akan semakin mahal nilai pemborongnya yang ditawarkan.

Beberapa Fakta tentang Pengeboran Manual Nah yang saya tahu berdasarkan pengamatan beberapa waktu lalu:

  • Harga Sumur Pengeboran secara manual tidak jauh berbeda dengan menggunakan mesin antara 1-2 juta selisih.
  • Pengerjaannya yang cukup lama bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.
  • Jika Anda menemui batuan hard rock seperti pengeboran granit tidak dapat dilanjutkan dengan cara manual untuk diselesaikan menggunakan mesin. Rada kasian juga melihat para pekerja yang menyukai pekerjaan yang berbeda dari yang digali yang digali bekerja dengan baik terlihat santai.
    Kesimpulannya, proses pengerjaan Manual Nah Dibor di tetangga sebelah gagal dan menemui jalan buntu karena bertemu dengan batu granit. Karena mata bor menghantam batu itu sudah sekitar 6-7 kali dibawa ke bengkel untuk dilas karena mata bornya terkikis oleh batu dan hasilnya tidak berubah hanya beberapa cm saja menembus batu itu akhirnya berhenti dan akan diikuti oleh mesin bor.

Itulah sedikit informasi tentang fakta proses pembuatan pengeboran manual dengan baik, apa yang saya lihat dan amati tentu saya tidak bisa menulis semuanya di sini. Jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, saya akan membantu Anda sebanyak yang saya bisa. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *